Sekda Ambo Sakka Minta SKPD Tingkatkan Kedisiplinan

Sekda Ambo Sakka Minta SKPD Tingkatkan Kedisiplinan

SEKRETARIS Daerah Tanah Bumbu, Dr. H. Ambo Sakka.| foto : istimewa

BATULICIN — Sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Tanah Bumbu masih wajib ditingkatkan kedisiplinan mereka, apalagi berkaitan dengan pelayanan kepada masyarakat. Meski demikian, masih ada SKPD lainnya yang disiplin.

”Ada tidak ada pimpinan, mereka seharusnya disiplin. Stand by di tempat kerja, jangan tidak ada pimpinan malah kantor nyaris tidak ada orang. Bagaimana ini?,” ungkap Sekda Kabupaten Tanah Bumbu Dr. Ambo Sakka kepada metrokalimantan.com dan aktualkalsel.com, Kamis (22/6/2023).

Hal itu diungkapkannya usai melaksanakan sidak disejumlah SKPD, diantaranya Dinas Perpustakaan, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kominfo SP, dan Dinas Pendidikan.

Dari temuan Dr. Ambo Sakka di lapangan sejumlah SKPD yang berkaitan dengan pelayanan, orangnya tidak ada di tempat. Padahal mereka jauh-jauh datang ke SKPD berikut.

”Tapi yang bertugas melayani tidak ada di tempat. Itu artinya pelayanan tidak maksimal,” tegasnya seraya menambahkan, dalam beberapa momen tertentu Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar selalu mengingatkan jika pelayanan kepada masyarakat nomor satu.

Sekda menegaskan, sebagai aparat pemerintah (ASN) yang baik seharusnya ada dan tidak ada pimpinan harus konsisten dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat itu kewajiban.

Dari temuan di lapangan, menurut Sekda, ada tiga instansi atau SKPD yang berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat di kantor hampir tidak ada orang.

”Mereka sudah saya panggil, apa alasannya meninggalkan kantor pada jam kerja,” ujar Sekda.

Mereka yang tidak ada di kantor saat Sekda sidak diberi ultimatum, masih mau bertugas di SKPD-nya atau dipindahkan ke lain.

Jika kebiasaan buruk ini terus berlangsung akan menimbulkan penilaian jelek bagi masyarakat, dan dampaknya berpengaruh besar terhadap bupati.

”Kasiankan beliau (bupati, maksudnya) yang sudah bekerja dan terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tapi ASN cara kerjanya begini,” kata Ambo Sakka.

Yang pasti dibawah kepemimpinan Abah Zairullah semua berjalanan baik, terutama dalam hal pelayanan. Namun hal itu jangan dinodai oleh segelintir SKPD.

Perhatikan pimpinan terhadap pegawai sudah luar biasa. Misalnya, tunjangan kinerja dinaikan, gaji demikian juga. Karena itu Sekda meminta para pegawai harus setia dan komitmen dengan sumpah jabatan.[ade]

Lebih baru Lebih lama